• MTSN 2 PANDEGLANG
  • Cerdas, Hebat dan Bermartabat

Profil

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA MTs NEGERI 2 PANDEGLANG

KABUPATEN PANDEGLANG

    Pada tahun 1968 berdirilah sebuah Madrasah Tsanawiyah yang diberi nama MTs. Mathla’ul Anwar Labuan dengan dilatarbelakangi oleh Kehendak tokoh masayarakat Labuan yang ingin mengadakan Madrasah tingkat SLTP, Adanya para guru Abituren (lulusan) PGA 6 tahun yang langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil, dan adanya para donatur yang ingin memajukan pendidikan di bidang agama Islam. Maka dengan perjuangan tokoh Mathla’ul Anwar Labuan diantaranya : Kiyai Mimi Suhaemi, H. Moh. Amin, Hj. Maemah, Ustadz Itot Suhari, H. Soegito, Ninin Munzir, H. Umet Humaedi dan Tokoh masyarakat Labuan berdirilah MTs. MA Labuan yang beralamat di Jln. Cianak, depan Mesjid Agung Labuan.

    Pada Tahun 1969 MTs MA Labuan mengalami kepakeman karena kurangnya murid, kurangnya tenaga pengajar dan kurangnya dana yang dimiliki.  tetapi pada tahun ±1970 MTs MA Labuan beralih fungsi menjadi sekolah lanjutan PGA 4 tahun. Pada tahun 1975 sekolah lanjutan PGA 4 tahun dibubarkan dan kembali menjadi MTs. Mathla’ul Anwar Labuan.

   Pada Tahun 1976 – 1979 MTs. MA Labuan kembali mengalami kepakeman seperti pada tahun 1969 yaitu karena kurangnya murid, kurangnya tenaga pengajar dan kurangnya dana yang dimiliki. Hal ini disebabkan karena masyarakat pada waktu itu mau menyekolahkan anaknya hanya kepada sekolah negeri saja. Maka para perintis pendidikan (Kiyai Mimi Suhaemi, H. Moh. Amin, Hj. Maemah, Ustadz Itot Suhari, H. Soegito, Ninin Munzir, H. Umet Humaedi) pada waktu itu terus berjuang mempertahankan lembaga itu, dan untuk mempertahankan MTs. MA Labuan maka salah satu caranya adalah dengan merubah status MTs. MA Labuan yang tadinya swasta menjadi MTs. Negeri.

No

Nama Pemimpin

Masa Jabatan

1.

ITOT SUHARI

1968 – 1969

2.

TOHIRI (Kep. PGA)

1970 – 1975

3.

ITOT SUHARI

1975 – 1980

 

Alhamdulilah berkat perjuangan dan kerja keras para tokoh pendidikan MTs. MA Labuan diantaranya (Kiyai Mimi Suhaemi, H. Moh. Amin, Hj. Maemah, Ustadz Itot Suhari, H. Soegito, Ninin Munzir, H. Umet Humaedi), memasuki tahun 1980 MTs. Mathla’ul Anwar Labuan berubah status menjadi MTs Negeri Pandeglang II Labuan Kab. Pandeglang.

Sebelum menerangkan lebih rinci perkembangan MTs Negeri Pandeglang II Labuan Kab. Pandeglang, akan dijelaskan sejarah singkat berdirinya MTsN Pandeglang II Labuan Kab. Pandeglang.

Keberadaan MTs Negeri Pandeglang II Labuan tidak luput dari campur tangan H.Usman Effendi dan Hj,Maemah dkk sebagai pendiri dengan perjuangan dan penantian akhirnya membuahkan hasil. Dengan adanya relokasi penegrian yaitu dari MTs Negeri Celah Gunung Halu Kab. Bandung dengan SK.MENAG No.27/1980 tertanggal 24 Pebruari 1981. berdasarkan SK. MENAG N0.27/1980 itulah akhirnya MTs.MA Labuan menjadi MTs Negeri Pandeglang II Labuan Kab. Pandeglang yang pada saat itu masih beralamatkan di Jl. Cianak Depan Mesjid Agung dan status gedung dan tanah hanya pinjaman dari Perguruan Mathla’ul Anwar.

Pada tanggal 08 Mei Tahun 1984 Gedung Baru MTsN Pandeglang II Labuan Kab. Pandeglang yang beralamatkan di Jln.Amd Kp.Karabohong Km.02 Labuan diresmikan oleh Drs.H. Suyaman selaku Bupati KDH. DT.II Pandeglang. Dan Pada waktu itu juga MTsN Pandeglang II Labuan Kab. Pandeglang berpindah tempat dari Jln. Cianak Depan Mesjid Agung Labuan ke Jln. Amd Kp. Karabohong Km.02 Labuan.

Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI  : BERKUALITAS DALAM IMTAQ DAN IPTEK MISI  : Siswa dapat membaca, menulis dan mengamalakan isi kandungan Al-qur’an Siswa mampu berakhlakul karimah dalam perga

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 343 kali